Senin, 16 November 2015

Renovasi Hunian Dana Terbatas – Hasil Maksimal di Ciledug, Tangerang Selatan



Renovasi Berkala

Hunian yang baik selalu mengutamakan kesehatan dan kenyamanan untuk mereka yang tinggal di dalamnya. Alasan itu membuat hunian yang baik akan selalu mengalami renovasi secara berkala. Mereka yang memiliki dana besar akan selalu mementingkan renovasi menyeluruh dan menanggung seluruh beban renovasi pada satu waktu. Bagaimana dengan mereka yang memiliki keterbatasan budget untuk renovasi? Mereka yang berpendapatan tidak tetap atau menengah akan kesulitan mengalokasikan dana mereka setiap kali melakukan renovasi. Setidaknya renovasi menengah dilakukan setiap kurun waktu lima tahun sekali. Mengingat Anda tidak terkena badai meteor atau tidak ada tim Avengers yang sedang melawan Ultron di sekitar Anda tinggal.
Solusinya adalah menganggarkan setiap tahun pada renovasi berkala. Sehingga renovasi tidak terlalu besar (Gitu juga gue tau keleuus!). Seni dari mengumpulkan uang ini adalah konsistensi. Juga pengetahuan tentang biaya renovasi serta kerusakan yang terjadi pada rumah menjadi unsur yang penting, karena banyaknya tukang bangunan yang selalu “melipat” uang Anda ketika diberi kepercayaan. Seringkali Anda tidak memiliki teman bicara mengenai renovasi dan aplikasi yang bisa digunakan untuk renovasi rumah. Terakhir adalah pengetahuan mengenai harga material dan kualitasnya. Tidak perlu semuanya, hanya yang sering Anda gunakan saja, semen, kayu, paku, baut, atau beberapa jenis alat pertukangan.

Kapan Renovasi?

Jawaban pertanyaan tersebut sebenarnya cukup sederhana. Tanyakan hal ini pada diri Anda atau penghuni rumah Anda: Nyaman ga sih tinggal di sini? Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Jika tidak, maka kemungkinan ada tiga penyebab utama dan tiga solusi yang mungkin dilakukan. Pertama, Anda tidak menyukai lingkungan sosial tempat Anda bermukim, solusinya mungkin menggalang sesuatu seperti Community Development, Anda bisa berusaha memperbanyak perkenalan dengan warga sekitar atau mengusulkan hal tersebut pada kepala wilayah tempat Anda bermukim. Kedua, mungkin Anda tidak senang dengan lingkungan fisik daerah tersebut, solusinya Anda mungkin bisa saja pindah rumah, tentunya biaya dan waktu yang besar akan menjadi investasi yang Anda kuras habis-habisan. Ketiga, mungkin rumah Anda perlu ditingkatkan kenyamanannya. Kebanyakan mereka yang membeli rumah dari kontraktor kompleks perumahan merasa tidak nyaman dan merasa perlu untuk melakukan renovasi.
Renovasi hunian ini seringkali berorientasi dana, dikenal juga dengan “budget oriented“. Renovasi hunian orientasi dana, begitu kami menyebutnya. Hal ini dilakukan dengan visi yang jelas, harus ada perencanaan jangka panjang yang matang. Meminimalkan biaya, secara bersamaan mengoptimasi manfaat dari biaya yang telah ada. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang memilih melakukan hal tersebut.
Kami di Archiline Studio cukup sering mendapatkan proyek renovasi seperti ini. Klien kami yang menjadi portofolio update kali ini adalah seseorang di Ciledug. Klien kami ini sangat perhatian pada detail, hanya saja untuk melakukan aktivitas Renovasi Hunian Orientasi Dana, dia cukup kesulitan. Oleh karena itu, dia datang beberapa kali pada kami untuk berkonsultasi. Akhirnya kami menyetujui untuk membantunya melakukan proses Renovasi Hunian Orientasi Dana.

Selintas Renovasi Hunian

Klien kami bermukim di daerah perumahan yang disediakan oleh kontraktor. Hal ini membuat seluruh rumah di daerah tersebut hampir serupa. Tantangan dari renovasi ini hanya satu: tambahan yang dilakukan pada saat renovasi tidak mengganggu tetangga yang lain di sekitar hunian klien kami. Berdasar pada hal itu, kami mencoba memberikan alternatif renovasi dengan mengganti sebagian atap genteng tanah dengan panel kaca. Hal ini membuat bagian dari rumah yang tersinari matahari secara langsung bisa digunakan sebagai tempat jemuran tanpa khawatir terkena hujan.

Visualisasi

Berikut adalah beberapa visualisasi yang kami berikan pada Klien

 


Kemajuan

Beberapa gambar berikut akan menjelaskan kemajuan pekerjaan yang dilakukan di rumah Klien kami.

 

 

 

 


Berikut ini beberapa detail ornamen dengan material minimalis namun memilik fungsi maksimal dan tetap dengan kesan modern.  

 

 

 


Demikian laporan dari lapangan. Inti dari pengerjaan proyek ini adalah kolaborasi yang baik dari klien meskipun dana yang dialokasikan terbatas namun menghasilkan hasil yang maksimal sesuai keinginan klien. Jadi, jika Anda memiliki tekanan yang sama pada dompet dan rumah Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami.

 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Archiline Studio

www.archiline-studio.com
Komplek RTM No.25 Tugu Cimanggis (Kelapa Dua) Depok 16451
email. aji.noor@gmail.com
ph. 0856-2002-678/0811-1162-678

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar